Jakarta, 27 Mei 2016. Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementerian Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi Negara Federasi Jerman, GIZ melalui program implementasinya RIBH SEA dan SED-TVET bekerja sama dengan Intel Indonesia meluncurkan Lomba Inovasi Internet of Things (IoT) bagi SMK di seluruh Indonesia. Inisiatif untuk menyambut bulan Pendidikan dan Kebudayaan yang diprakarsai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini turut ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Teknologi Infromasi dan Komunikasi (TIK) dan inovasi di kalangan SMK. Para Siswa/i mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pelatihan dalam bidang pemrograman aplikasi dasar dan juga mendapatkan wawasan mengenai teknologi Internet of Things (IoT) serta teknologi tepat guna lainnya.

Lomba ini bertujuan untuk menjangkau sekitar 2000 siswa melalui pelatihan online dan offline. 5 inovasi terbaik berkesempatan untuk menerima penghargaan pada bulan November. Untuk berpartisipasi, para siswa ditantang untuk mengembangkan inovasi IOT yang berguna bagi komunitas sekitar dengan menggunakan Intel Galileo Board. Intel Galileo Board akan didonasikan oleh Intel ke sekolah-sekolah dengan peserta yang paling sukses dan aktif. Seluruh siswa SMK dapat turut berpartisipasi dengan melakukan registrasi di smk.dicoding.com selambat-lambatnya tanggal 05 Juni 2016.

“Kolaborasi untuk mengembangkan inovasi berbasis teknologi open-source yang didukung oleh pihak industri merupakan kesempatan yang sangat langka” ujar Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri, Direktorat Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ir. Sri Puji Lestari. MM. “Kami berharap kompetisi dapat meningkatkan minat siswa/i SMK untuk mengembangkan diri dalam pembuatan solusi berbasis teknologi open-source yang bermanfaat bagi masyarakat.”

 “Kami sangat gembira dengan kolaborasi ini,” ujar Sarah Schwepcke dari the Responsible and Inclusive Business Hub Southeast Asia(RIBH SEA). “Indonesia adalah Negara dengan komunitas teknologi yang vibrant dan dengan generasi muda yang mempunyai potensi besar dalam mengembangkan inovasi sosial. Kami akan sangat senang bila lomba ini dapat menjadi pencetus untuk lebih banyak perusahaan lokal yang berbasis inovasi dan teknologi di seluruh negeri juga secara serentak memberikan efek positif bagi masyarakat.”

Leave a Comment