Sejarah STM / SMK Pasundan 2 Bandung

Sejarah SMK Pasundan 2 Bandung

SMK Pasundan 2 Bandung didirikan karena dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan masyarakat dan Bangsa Indonesia khususnya Jawa Barat akan tersedianya tenaga-tenaga terampil dalam bidang teknologi. Namun pada saat itu, lembaga-lembaga Pendidikan Pemerintah belum mampu menampung minat masyarakat untuk memasuki perguruan Teknologi. Sehingga dengan dilandasi tujuan Yayasan Pendidikan Pasundan, SMK Pasundan 2 Bandung didirikan.

Sejarah ringkas :

  • Tanggal 15 Februari 1971 pertama didirikan bernama STM Pasundan Bandung yang didirikan oleh Drs. Sjamsuri SA, Abdul Sofiadi, E. Yusuf AS (Alm) dan Drs. Dudu Djohan Marsha ini mempunyai satu jurusan yaitu jurusan mesin umum. Dalam awal pendiriannya panitia pendiri ditunjuk melalui SK Kepanitiaan yang dikeluarkan oleh Kepala Direktorat PDLK Pasundan atas nama Yayasan Pendidikan Pasundan (YPDM) tertanggal 14 Desember 1970, dengan Surat Keputusan No. 108/PDLK/XII/70.
  • Pada tahun ajaran 1984/1985 kondisi bangunan sudah sedikit bertambah sehingga menambah jurusan baru yaitu jurusan Listrik.
  • Pada tahun ajaran 1990/1991 perkembangan teknologi di Indonesia semakin pesar khususnya di Bidang Automotif, dimana perkembangan teknologi ini jelas harus diimbangi dengan tenaga terampil. Sehingga STM Pasundan menambah jurusan lagi yaitu Program Studi Mekanik Automotif.
  • Pada tahun ajaran 1993/1994 karena banyaknya permintaan dari warga masyarakat yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di STM Pasundan Bandung maka membuka jurusan lagi yaitu Elektronika.
  • Pada tahun ajaran 2002/2003 di era globalisasi ini menuntut informasi komunikasi lebih berkembang sehingga STM Pasundan yang berubah nama menjadi SMK Pasundan 2 Bandung ini menambah jurusan yaitu Teknik Komputer & Jaringan.
  • Tahun 2005 SMK Pasundan 2 Bandung diakreditasi dengan menyandang sertifikat dengan nilai “A” pada semua program keahlian.
  • Pada Tahun 2013 dengan semakin tingginya pengguna Sepeda Motor, SMK Pasundan 2 Bandung menambah 1 program keahlian khusus speda motor. dan ternyata peminat masyarakatcukup tinggi, dikarenakan Teknik Speda Motor SMK Pasundan 2 Bandung telah bekerjasama dengan HONDA dari kurikulum hingga sistem belajar.