Jakarta – Pendiri e-commerce Alibaba, Jack Ma dinobatkan sebagai orang terkaya di China pada tahun 2014. Ma berada di peringkat ketujuh sebagai orang terkaya sedunia di bidang teknologi versi majalah Forbes.

Ia sering mengalami kegagalan saat sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang. Namun, kegagalan demi kegagalan yang dia alami tak membuatnya menyerah begitu saja. Jack Ma sukses membalikkan nasibnya.

Menurut motivator dan pakar marketing Tung Desem Waringin, ada 9 rahasia kesuksesan Jack Ma yang membuatnya jadi orang terkaya di China. Apa saja rahasianya?

1. Punya passion
Jack Ma selalu menerapkan kepada para pegawainya untuk bekerja dengan passion. Jika seseorang bekerja sepenuh hati, maka hasilnya pun akan lebih maksimal. Orang juga tidak akan merasa bosan dan lelah, karena pekerjaan itu di bidang yang disukai.

2. Jagalah mimpi-mimpi Anda
Salah satu kunci kesuksesan Alibaba adalah berani bermimpi dan menjaga mimpi itu agar tidak padam. Karena kelak pada suatu hari nanti, mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan. Ma juga mempunyai mimpi jika suatu saat nanti Alibaba akan mengalahkan Walmart sebagai retailer terbesar di dunia.

3. Budaya
Jack Ma selalu mengatakan kepada para karyawannya bahwa Alibaba dibuat untuk membantu dan memudahkan banyak orang, bukan sekadar untuk meraup keuntungan semata. Dengan adanya toko online, seseorang tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mencari barang yang diinginkan. Itulah misi yang dibawa Alibaba.

4. Terbiasa dengan penolakan
Setelah lulus kuliah, Ma pernah melamar pekerjaan di sejumlah instansi perusahaan. Tiga puluh kali dia melamar, tiga puluh kali pula dia ditolak. “Ketika aku melamar di KFC, ada 24 orang yang melamar kerja di sana. Mereka menerima 23 orang. Akulah satu-satunya orang yang gagal diterima waktu itu,” kenangnya. Menurut Ma, penolakan adalah sesuatu yang wajar. Itu artinya kita memang belum benar-benar bagus.

5. Carilah inspirasi
Ma mengaku sering mendapat inspirasi ketika menonton film. Dia juga tak memungkiri kemampuannya berpidato saat ini didapatkannya dari melihat adegan di film. Salah satu film kesukaannya adalah Forrest Gump.

6. Branding itu penting
Nama Alibaba dipilih Ma karena menurutnya banyak orang familiar dengan nama tersebut. Nama Alibaba juga mudah dilafalkan dan diingat oleh orang. “Aku turun ke jalan untuk bertanya kepada sekitar 20 orang dan mereka semua tahu nama Alibaba. Aku kemudian memutuskan menggunakan nama tersebut,” kata Jack Ma.

7. Pelanggan nomor satu
Di perusahaan miliknya, Jack Ma punya prioritas yang tidak bisa diganggu gugat. Pelanggan nomor satu, kedua karyawan, dan terakhir adalah pemegang saham. Skala prioritas itu dibuat Ma bukan tanpa alasan. “Ketika krisis melanda, para pemegang saham Alibaba pada pergi begitu saja, sementara para pelanggan dan pegawai tetap setia di sisi kami,” kata dia.

8. Fokus
Jack Ma mengakui, dirinya kerap mendapatkan banyak ide, masukan, dan saran dari berbagai pihak. Bahkan dalam sehari, dia mendapatkan sekitar 5.000 ide. Namun sebagai seorang CEO, Ma tidak ragu untuk mengatakan “tidak” dan tetap fokus pada tujuan awal perusahaan, yaitu memenuhi kebutuhan orang–orang.

9. Jangan pernah mengeluh, carilah kesempatan
Ketika masalah datang, sebagian orang pasti akan mengeluh. Sementara lainnya akan mencari peluang untuk berubah dan menemukan solusinya. Menurut Ma, untuk bisa sukses, tidak hanya mengeluh, tapi mencari cara bagaimana kendala tersebut bisa teratasi. (rou/rou)

sumber : detik.com – https://inet.detik.com/business/d-3455665/rahasia-kesuksesan-jack-ma-sang-pendiri-alibaba

Leave a Comment